Kamis, 29 Agustus 2019

Hati-hati Jika Kram Kaki, Kemungkinan Sinyal Liver Bermasalah

Berita Khayalan - Dalam waktu-waktu tertentu, Kram Kaki pasti pernah dialami setiap orang. Hal tersebut membuat Kram Kakimenjadi dianggap suatu hal yang umum atau biasa terjadi.
Tapi penting Anda ketahui, dilansir AkuratHealth dari MedicalDaily, Kram Kaki bisa menjadi salah satu sinyal bahwa Anda memiliki masalah penyakit Liver.
Menurut Atif Zaman, MD, M.P.H., dari associate NEJM Journal Watch Gastroenterology, prevalensi kram otot pada pasien dengan sirosis berkisar 22-88 persen, tergantung pada berbagai definisi kram.
Memang, mekanisme spesifik yang menyebabkan kram otot yang dialami oleh pasien sirosis belum sepenuhnya dieksplorasi.
Tetapi ada alasan untuk kamu percaya bahwa metabolisme energi, fungsi saraf, elektrolit, dan volume plasma berperan dalam kontraksi otot yang menyakitkan, terutama di kaki.
Sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan oleh para peneliti dari Departemen Gastroenterologi dan Hepatologi Rumah Sakit Umum JA Hiroshima di Hatsukaichi, Jepang, juga menemukan bahwa kram otot juga relatif ditemukan pada pasien dengan Penyakit Hati kronis.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pasien wanita, penderita diabetes, dan mereka yang memiliki penyakit Ginjal Kronis di atas penyakit Liver kronis, cenderung mengalami kram otot.
Para peneliti juga menunjukkan bahwa pasien dengan Penyakit Hati berlemak non alkohol cenderung mengalami kram otot karena berkurangnya massa otot.
Setelah mengungkapkan semua hal tersebut, adakah alasan untuk kamu mencurigai bahwa Kram Kaki yang dialami mungkin disebabkan oleh Penyakit Hati?
Yup, memang agak sulit untuk mengungkapkan kram yang kamu alami akibat Liver atau bukan. Karena Kram Kaki bisa datang juga dari penyebab lain seperti Kehamilan, olahraga ekstrem, asupan obat-obatan seperti statin, dan lainnya, menurut NHS Inform.
Satu-satunya cara untuk mengetahui apa yang sebenarnya yang menyebabkan Kram Kaki adalah berkonsultasi dengan dokter.
Jika merasa Kram Kaki sudah mengganggu kualitas hidup dan mengganggu tidur, maka jangan buang waktu lagi, segera hubungi dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.[]

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar